penghilang Stretch Mark

Beberapa Cara untuk Menyamarkan dan Penghilang Strech Mark

Strech Mark merupakan guratan yang timbul pada bagian kulit di sekitar tubuh letaknya di lemak yang terkonsentrasi, seperti pada payudara, lengan atas, perut atas, pantat, dan paha. Strech Mark bisa terjadi oleh siapa saja tak mengenal wanita ataupun pria. Untungnya, guratan ini bisa dihilangkan bila tahu penghilang strech mark

Guratan ini asalnya berwarna merah, ungu, atau merah muda kemudian lama kelamaan akan berubah menjadi warna kelabu, putih, dan itu tergantung warna kulit sendiri.

Kolagen, Penentu Terjadinya Stretch Mark

Tak semua orang yang mengalami stretch mark. Pada kondisi ini hanya dialami oleh kulit yang mengandung sedikit kolagen atau disebut protein yang membuat kulit menjadi lentur. Stretch mark pada umumnya terjadi diakibatkan tubuh Anda bertumbuh lebih cepat daripada elastisitas kulit perkembangan.

Disaat kulit mulai meregang dengan keadaan cepat akibat anggota tubuh mengembang atau bisa dengan pertambahan berat badan, lapisan kulit yakni epidermis akan menipis sampai lapisan di bawahnya timbul ke permukaan. Kondisi inilah yang disebut stretch mark.

Warna merah yang terjadi pada kulit muncul diakibatkan lapisan epidermis yang sudah menipis akan menjadi pembuluh darah yang berada di bawah muncul ke permukaan. Guratan ini kemudian berubah warna menjadi putih setelah pembuluh darah mengerut.

Stretch Mark Dapat Dihilangkan?

Stretch mark mungkin tidak berbahaya namun bisa hilang dengan sendirinya dalam seiring waktu, sehingga tak membutuhkan sebuah perawatan medis. Namun, apabila memang berniat untuk menghilangkannya dalam menjalani perawatan, Anda sebaiknya memahami bahwa disaat prosedur tidak bisa menghilangkan stretch mark sepenuhnya.

Berikut ini ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menyamarkan atau meminimalisir stretch mark.

  1. Kamuflase dengan kosmetik

Stretch mark bisa disamarkan dengan mengoleskan krim khusus yang sesuai dengan warna kulit yang dijual secara bebas di pasaran. Beberapa tipe krim ini bersifat tahan air dan bisa bertahan selama 2-3 hari.

  1. Krim penghilang stretch mark

penghilang Stretch MarkTerdapat lotion, krim, dan gel yang bisa mengklaim mampu menghilangkan stretch mark. Namun jenis loison ini sebaiknya dioleskan ketika stretch mark masih berwarna kemerahan. Namun, jika tidak maka losion ini tak berpengaruh dan akan sama saja dengan membiarkan stretch mark dengan sendirinya.

Gel biasanya terdiri dari beberapa campuran ekstrak bawang dan asam hialuronat. Pilihan lain ialah dengan retinoid yang bisa diresepkan menjadi dermatologis Anda. Bahan ini sangat bermanfaat untuk menstimulasi pertumbuhan sebuah kolagen yang membuat kulit menjadi sehat.

Namun, retinoid sebaiknya tidak disalahgunakan ketika hamil dan menyusui. Retinoid pun tidak efektif apabila dioleskan pada stretch mark yang sudah lama terbentuk.

  1. Chemical Peeling

Krim berbahan dasar asam glikolat atau disebut dengan metode peeling merupakan salah satu pilihan untuk mengatasi sebab stretch mark. Dalam satu penelitian mengungkapkan bahwa terdapat perbaikan kulit dari penggunaan asam glokolat oles setelah 6 bulan, namun di dalam metode ini relaitf mahal karena tidak dapat menghilangkan stretch mark secara penuh.

  1. Terapi laser

Energi dari sinar laser ini bisa diserap oleh pembuluh darah pada lapisan bawah stretch mark sehingga akan berubah warna menjadi putih atau tidak terlihat. Meski begitu, pada terapi ini tak hanya menghilangkan stretch mark secara utuh, melainkan hanya membuatnya menjadi samar.


Proses lain disebut dengan mikrodermabrasi, yaitu perawatan kulit dengan pengaplikasian dari bentuk kristal untuk membersihkan permukaan pada kulit. Perawatan ini biasanya digunakan dalam bentuk perawatan stretch mark yang sudah lebih lama terbentuk.

5. Operasi kecantikan

Baca Juga :  Bahan Yang Berperan Sebagai Pemutih Badan Alami

Prosedur ini bisa dilakukan dengan cara menghilangkan kelebihan lemak dan juga kulit pada perut atas, serta pada bagian area bawah bokong. Namun, langkah ini biayanya cukup mahal dan jarang direkomendasikan.


Stretch mark biasanya bisa menghilang dengan sendirinya pada kurun waktu tertentu dan umumnya tidak membutuhkan penanganan secara khusus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *