Cara Mencukur Bulu Ketiak

Beberapa Cara Mencukur Bulu Ketiak agar Selalu Tampil Percaya Diri

Mempunyai bulu ketiak? Ini menjadi sebab penampilan menjadi kurang percaya diri bagi kaum hawa, namun bagi kaum adam ya tak masalah. Lalu, sebaiknya bagaimana untuk menghilangkan bulu ketiak?

Bulu ketiak biasanya diawal mula tumbuh pada awal masa pubertas. Di masa ini, kadar hormon androgen akan meningkat. Akibatnya, pada bagian kaki, sekitar kemaluan, lengan, dan ketiak akan ditumbuhi dengan rambut yang warnanya lebih gelap.

Beberapa Cara Menghilangkan atau Cara Mencukur Bulu Ketiak


Dalam sebagian orang, bulu ketika menjadi hal yang tak diinginkan. Berbagai cara untuk menghilangkan bulu ketiak pun dilakukan, seperti cara mencukur bulu ketiak, waxing, atau dengan menggunakan krim penghilang bulu rambut. Berikut di bawah ada beberapa cara untuk mencukur bulu ketiak, diantarnya:

  • Dicukur


    Untuk menghilangkan bulu ketika bisa menggunakan pisau cukur yang bisa bertahan selama 1-3 hari. Apabila Anda bisa menggunakan pisau cukur dalam sekali pakai, basahi kulit terlebih dahulu dengan air hangat. Kemudian, oleskan sabun, krim cukur, atau kondisioner.

Hal ini dilakukan supaya proses pencukuran lebih baik dan tidak mengakibatkan ruam. Dianjurkan mencukur rambut ketiak sesuai arah tumbuh rambut. Terakhir, bersihkan kelebihan dalam krim cukur dan periksa apakah semua pada bulu ketiak telah habis.

Disarankan untuk mengganti pisau cukur. Pisau cukur yang tidak tajam bisa membuat kulit menjadi terluka, akibat terlalu keras tekanan pada kulit. Selain itu, menghilangkan bulu ketiak dengan pisau cukur ada sisi efek samping, yaitu rambut tumbuh ke dalam atau juga bisa terkena infeksi.

  • Dicabut


    Mencabut bulu ketiak dengan menggunakan alat pinset bisa dilakukan dengan 3-8 minggu sekali. Untuk mengurangi terkena risiko infeksi, disarankan membersihkan pinset dengan alkohol sebelum dilakukannya proses pencukuran.

     

  • Waxing

    Cara Mencukur Bulu KetiakCara mencukur ini dengan bantuan lilin. Pertama-tama disaat ketiak diolesi lilin kemudian ditempeli dengan sehelai kain. Kemudian kain tersebut ditarik dengan cepat sehingga akar rambut dan sel-sel kulit mati tercabut.

Bulu ketiak bisa di wax dalam jangka waktu 3-6 minggu atau dengan panjang bulu setidaknya 0.5cm, apabila kependekan, bahan lilin tak bisa menempel pada pada rambut. Jika kepanjangan, bulu ketiak akan kusut kemudian sulit ditarik. Metode ini tak dianjurkan bagi mereka yang mempunyai kulit sensitif.

Menghilangkan bulu ketiak dengan teknik ini bisa berpotensi kulit menjadi kemerahan dan akar rambut menjadi terinfeksi. Untuk mengatasi kulit iritasi setelah waxing, Anda bisa memberikan kompres dingin pada ketiak, menghindari mandi dengan menggunakan air panas, serta mengenakan pakaian dengan kondisi nyaman dan sejuk.

  • Krim Penghilang Rambut


    Mencukur dengan krim penghilang rambut yang bisa dijual secara bebas ini bisa bekerja dengan menghilangkan protein yang membuat rambut menjadi tumbuh. Jangan mendiamkan krim dalam jangka waktu lama karena akan membuat kulit menjadi rusak. Apabila Anda memiliki sensitif pada kulit, ada kemungkinan muncul reaksi alergi. Oleh karena itu, ingatlah untuk selalu mengikuti aturan yang sudah tertera dalam kemasan krim.

  • Laser atau IPL (Intense Pulsed Light)


    Apabila dalam penggunaan laser, maka rambut dihancurkan sehingga dalam pertumbuhan rambut diperlambat atau bisa dihentika. Bisa jadi ini merupakan cara yang ampuh dan efektif untuk mencukur dalam jangka panjang.

    Namun, memerlukan waktu 6-12 kali perawatan, dengan jarak beberapa bulan untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan permanen.

Prosedur dalam mencukur bulu ketiak dengan laser memiliki risiko negatif, diantarnya kulit menjadi terbakar, kemerahan, bengkak, atau munculnya jaringan parut. Oleh karena itu, mintalah saran dokter supaya prosedur ini di bawah pengawasan dokter ahli.

Baca Juga :  Bahan Yang Berperan Sebagai Pemutih Badan Alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *